Pengembangan E-book Berbantuan Flipping Book dengan Materi Listrik dan Magnet di Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Al Fira Rahmah Ayu Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Zulherman Zulherman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2606

Abstract

Kurangnya media pembelajaran membuat siswa merasa bosan dan kurang dalam semangat belajarnya. Oleh karena itu, guru atau pendidik harus melakukan perubahan dengan membuat inovasi baru agar dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan suatu produk dari Flipping Book dengan materi Listrik dan Magnet Kelas VI Sekolah Dasar. Riset ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Model ADDIE mempunyai 5 tahapan: 1) Analysis 2) Design 3) Development 4) Implementation 5) Evaluation. Penelitian ini dilakukan di 2 Sekolah yaitu SDN Dukuh 05 dan SDN Sukapura 01. Penelitian dilakukan dengan cara penilaian angket produk dari para ahli validasi: ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Selain itu, peserta didik juga mengikuti penilaian angket produk. Hasil dari penilaian angket dari para ahli: 1) ahli media sebesar 78% dengan kategori “Layak” 2) ahli bahasa sebesar 88% dengan kategori “Sangat Layak” dan 3) ahli materi sebesar 88% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian siswa dengan uji kelompok kecil sebesar 82% dengan kategori “Sangat Baik” dan uji kelompok besar sebesar 83% dengan kategori “Sangat Baik” sehingga media pembelajaran e-book berbantuan Flipping Book ini “Sangat Layak”. Jadi dapat disimpulkan bahwa media belajar E-book berbantuan Flipping Book ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa.

Published

2023-11-01

How to Cite

Ayu, A. F. R., & Zulherman, Z. (2023). Pengembangan E-book Berbantuan Flipping Book dengan Materi Listrik dan Magnet di Kelas VI Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8455-8461. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2606