Penggunaan Project-Based Learning dalam Meningkatkan Speaking Skill

Authors

  • Sahrawi Sahrawi IKIP-PGRI Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.261

Abstract

Speaking skill merupakan salah satu kemampuan dalam bahasa inggris yang sangat penting dimiliki oleh peserta didik. Penggunaan metode yang tepat sangat berpengaruh pada peningkatan speaking skill peserta didik. Metode project based learning merupakah suatu metode mengajar yang dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan speaking skill. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menggali informasi dari penggunaan metode project-based learning dimana mahasiswa bahasa inggris semester 2 IKIP-PGRI Pontianak sebagai sampel dalam penelitian ini yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk descriptive kualitative. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, dan questionnaire, Hasil penelitian menunjukkan bahwa speaking skill mahasiswa dapat meningkat, Peningkatan juga terjadi dalam berbagai aspek seperti kemampuan kolaborasi, grammar, pengucapan, pemahaman, kosakata, dan kelancaran. Mereka juga merasa termotivasi dan lebih percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.

Published

2021-08-13

How to Cite

Sahrawi, S. (2021). Penggunaan Project-Based Learning dalam Meningkatkan Speaking Skill. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 248-252. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.261