Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Motorik Kasar dengan Kegiatan Bermain Papan Titian di KB Al-Hidayah

Authors

  • Indah Sari Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Ika Prastika Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Riani Ratna Ningsih Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Dini Albasari Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2616

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami cara penerapan permainan papan titian dengan Metode ATIK dalam pengembangan motorik kasar pada anak usia dini Kelompok A KB Al-Hidayah Kp. Rancaiga Desa Cipayung kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi.  Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi dan sumber refrensi yang digunakan dalam penelitian yaitu artikel jurnal, dan buku. Berdasarakan hasil penelitian, dapat disimpulkan dalam pengembangan motorik kasar yang dilakukan di KB Al-Hidayah melalui permainan  papan titian sangatlah efktif, hal ini dapat dilihat dari sebelum guru menerapkan permaina papan titian motorik kasar anak belum berkembang dengan baik, namun setelah  menerapkan permainan papan titian gerak lokomotor sudah baik, walaupun masih ada beberapa anak yang merasa takut dengan ketinggian dan berjalan di papan titian tanpa berpegangan.

Published

2023-11-01

How to Cite

Sari, I. ., Prastika, I. ., Ningsih, R. R. ., Albasari, D. ., & Watini, S. . (2023). Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Motorik Kasar dengan Kegiatan Bermain Papan Titian di KB Al-Hidayah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8487-8491. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2616