Profil Konsepsi pada Konsep-Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Rizka Dwi Anggraini Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Muslimin Ibrahim Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Thamrin Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Afib Rulyansah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2636

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil konsepsi pada konsep-konsep IPA yang dimiliki siswa sekolah dasar. Informasi ini sangat penting artinya bagi perbaikan konsepsi siswa mana kala terjadi ketidakpahaman konsep maupun miskonsepsi. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan menggunakan three tiers test instrumen untuk merekam konsepsi siswa. Respinden adalah siswa kelas III Sekolah dasar Negeri Semolowaru I-261 Kecamatan Sukolilo. Pemilihan responden didasarkan pada hasil pengamatan awal diperoleh fakta banyaknya siswa yang mengalami miskonsepsi. Penelitian ini melibat 24 Orang siswa. Konsep yang diujikan adalah 10 konsep IPA yang diajarkan pada mata pelajaran IPA di kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan siswa yang mengalami miskonsepsi pada semua dari 10 konsep yang diujikan. Oleh karena konsep menduduki posisi strategis sebagai bangun dasar teori, hukum dan ilmu, maka sepatut kondisi ini segera mendapat penanganan sehingga siswa bebas dari miskonsepsi.

Published

2023-11-01

How to Cite

Anggraini, R. D. ., Ibrahim, M. ., Hidayat, T. ., & Rulyansah, A. . (2023). Profil Konsepsi pada Konsep-Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8492-8495. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2636