Pengaruh Penataan Lingkungan Main dan Sumber Belajar terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2638Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penataan lingkungan main dan sumber belajar terhadap kemampuan literasi numerasi anak usia dini. Penelitian ini termasuk explanatory research yaitu penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat antar variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah guru TK di tiga Kecamatan Kabupaten Magelang yaitu Kecamatan Mungkid, Mertoyudan dan Salaman. Jumlah populasi sebanyak 238 guru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Variabel penelitian dalam analisis jalur dibagi menjadi variabel bebas (Independent Variable) dan variabel terikat (Dependent Variable). 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara total ada pengaruh yang dan positifapenataan lingkungan main terhadapakemampuan literasi numerasi anak usia dini dengan P-Value 0,005 < 0,05. 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara total terdapat pengaruh yang signifikan dan positif Sumber Belajar terhadap Literasi numerasi Anak Usia1Diniadengan P-Value 0,000 < 0,05. 3. Hasillpenelitian menunjukkan bahwa ada pengaruhaantara penataan lingkungan bermain dan sumber belajar secara terhadap kemampuan literasi berhitung anak usia dini dengan nilai R-Square sebesar 0,797.