Membangun Struktur Otak untuk Mendukung Perkembangan Emosi Anak Usia Dini

Perkembangan Emosi Anak Usia Dini

Authors

  • Eka Wartani Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Himmatul Jazriyah Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Debie Susanti Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2642

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini ini adalah untuk mengkaji menyelidiki dan memahami secara komprehensif hubungan antara perkembangan emosi anak dengan struktur otak mereka. Melalui tinjauan literatur yang cermat, studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola perkembangan emosi pada rentang usia anak-anak, memahami peran berbagai bagian otak dalam pengenalan, pengaturan, dan ekspresi emosi, serta mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi anak dalam konteks struktur otak mereka. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik tinjauan literatur terhadap makalah ilmiah, buku, dan bahan tertulis lainnya tentang perkembangan emosi yang dibangun dalam struktur otak anak. Berdasarkan temuan penelitian ini, Perkembangan emosional anak merupakan proses yang kompleks yang melibatkan interaksi antara faktor genetik dan lingkungan. Pengalaman emosional anak, lingkungan sosial, pengasuhan, dan faktor-faktor lainnya dapat mempengaruhi perkembangan emosi anak dalam konteks struktur otak mereka. Penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung, memberikan stimulasi emosional yang positif, dan memberikan pengasuhan yang penuh kasih untuk membentuk perkembangan emosi yang sehat dan arsitektur otak yang optimal.

Published

2023-11-01

How to Cite

Wartani, E., Jazriyah, H., & Susanti, D. . (2023). Membangun Struktur Otak untuk Mendukung Perkembangan Emosi Anak Usia Dini: Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8785-8793. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2642