Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Doratoon pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar Materi Simpanan Deposito pada Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2643Abstract
Jelas, tujuan dari setiap lembaga pendidikan adalah untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas tetapi juga warga negara yang bermoral. Menghasilkan warga negara yang cerdas dan berpendidikan adalah untuk kepentingan bangsa mana pun. Dengan menggunakan aplikasi doratoon, penelitian ini bertujuan untuk menyediakan materi audiovisual untuk membantu pembelajaran ide perbankan menyetor dana di SMK Negeri 2 Mojokerto. Berdasarkan karya paradigma pengembangan 4D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (Define; Design; Develop; Disseminate), model penelitian ini menggunakan teknik dari kerangka tersebut. Kurangnya waktu dan sumber daya menghalangi peneliti untuk menyelesaikan tahap diseminasi. Kondisi untuk masuk akal media terpenuhi. Kelayakan material sangat baik 81,2% dari waktu. Kelayakan bahasa sangat baik 94% dari waktu. Uji coba responden kepada murid secara konsisten mencapai standar yang sangat tinggi (92,7% dari waktu). Data evolusi media menunjukkan bahwa 98% kasusnya demikian.