Upaya Peningkatan Kualitas Lembaga Pendidikan Islam Nonformal
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.2646Abstract
Salah satu bentuk lembaga pendidikan Islam nonformal di Indonesia adalah Madrasah Diniyah Takmiliyah. Pada perkembangannya, Madrasah Diniyah Takmiliyah sering dianggap sebagai madrasah yang memiliki kualitas kurang. Agar Madrasah Diniyah Takmiliyah tetap dapat menjalankan perannya sebagai lembaga pendidikan Islam yang mampu menghasilkan manusia yang bertakwa dan berakhlak mulia, maka perlu dilakukan berbagai upaya peningkatan kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan kualitas lembaga pendidikan Islam nonformal di MDT Muhammadiyah Jatirejo serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat upaya peningkatan kualitas lembaga pendidikan Islam nonformal di MDT Muhammadiyah Jatirejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data diawali dengan tahap reduksi data, penyajian data kemudian penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk upaya peningkatan kualitas lembaga pendidikan Islam nonformal di MDT Muhammadiyah Jatirejo, yaitu melakukan penataan organisasi, melakukan program peningkatan mutu madrasah, menciptakan iklim dan budaya madrasah yang baik dan memperluas jaringan kerjasama. Faktor pendukung upaya peningkatan kualitas MDT Muhammadiyah Jatirejo, yaitu adanya dukungan positif dari masyarakat sekitar, letak madrasah yang stategis serta memiliki lahan serta bangunan tetap. Sedangkan, faktor penghambatnya, yaitu kurangnya pembinaan dari organisasi, waktu pembelajaran yang terbatas dan terbatasnya ilmu pendidikan dan pengalaman mengajar guru.