Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli di Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2652Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar passing bawah bola voli pada Problem Based Learning (PBL) dan Teaching Games for Understanding (TGfU), perbedaan motivasi belajar antara motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah pada pembelajaran hasil belajar passing bola voli, dan interaksi antara model pembelajaran PBL dan TGfU dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar passing bola voli. Penelitian ini melibatkan 582 siswa dari 17 siswa kelas X SMK di Lamongan. Sampel diperoleh secara random sampling sebanyak 32 siswa. Instrumen pengukuran motivasi berupa angket dan kegiatan pembelajaran diukur dengan tes kompetensi dan pengetahuan. Data dianalisis dengan menggunakan two-way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran PBL dan TGfU terhadap hasil belajar passing permainan bola voli, 2) terdapat perbedaan yang signifikan skor passing bola voli antara motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah, dan 3) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran PBL dan TGfU dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar bola voli.