Implementasi Model SIUUL dalam meningkatkan Ketepatan Artikulasi Anak yang Mengalami Keterlambatan Bicara
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2655Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketepatan artikulasi pada anak yang mengalami keterlambatan berbicara. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model SIUUL (Simak-Ucap-Ulang) di mana anak menyimak, mengucap dan mengulang kata yang di dengar. Metode yang digunakan adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK). Dalam metode ini terdiri dari empat tahapan yaitu 1) tahap perencanaan, 2). tahap pelaksanaan, 3). tahap pengamatan dan 4) tahap refleksi. Dalam pelaksanaan penelitian ini, dilakukan dengan dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian yaitu Omah Uthie Daycare yang berada di Perumahan The Grove Cibinong Bogor. Strategi pengajaran yang berbeda digunakan untuk setiap siklus tindakan. Ini termasuk permainan berbasis bahasa, aktivitas bernyanyi, membaca gambar, dan alat bantu audio-visual untuk meningkatkan keterampilan bahasa. Pada akhir setiap siklus diadakan observasi sesuai dengan indikator yang sudah direncanakan. Indikator tersebut yaitu keaktifan bicara, artikulasi kata, memahami pertanyaan dan melaksanakan perintah guru. Terlihat kemajuan berbicara di setiap siklusnya. Dari hasil penelitian ternyata model SIUUL menjadi model pembelajaran yang menolong anak untuk lebih jelas dalam artikulasi berbicaranya. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbicara dalam artikulasi anak. Orang tua juga mengatakan bahwa anak-anak mereka lebih baik berkomunikasi di rumah.