Implementasi Model Atik dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik dengan Kegiatan Bermain Lompat Zigzag

inggris

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2667

Abstract

Anak usia dini merupakan anak yang sedang berada dalam proses perkembangan, baik perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak melalui permainan lompat zigzag dengan menggunakan “Model ATIK”. Model ATIK adalah singkatan dari Amati, Tiru, Kerjakan. Penelitian ini dilakukan karena hasil pengamatan awal pada saat anak di sekolah terutama anak kelompok A masih belum bisa mengontrol gerak tubuhnya dengan baik dan kurang bersemangat saat kegiatan olahraga. Oleh karena itu dilakukan permainan lompat zigzag agar anak bisa meningkatkan kecerdasan kinestetiknya dengan baik. Subjek penilitian adalah siswa kelompok A usia 4-5 tahun pada lembaga TKIT As – Syuhada sebanyak 10 anak. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan kelas) yang dilakukan dengan empat tahapan, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data ini dengan kuantitatif deskriptif dengan prosentase. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan kecerdasan kinestetik anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain lompat zigzag. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan metode ATIK berhasil meningkatkan kecerdasan kinestetik anak khususnya dalam melompat mengikuti pola zigzag.

Published

2023-11-01

How to Cite

Implementasi Model Atik dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik dengan Kegiatan Bermain Lompat Zigzag: inggris. (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8778-8784. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2667