Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Keterampilan Dasar Mengajar Melalui Supervisi Akademik di SMA Negeri 25 Garut

Authors

  • Kustan Santana Sekolah Menengah Atas Negeri 25 Garut, Indonesia
  • Dedi Mulyadi Sekolah Menengah Atas Negeri 25 Garut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.267

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, Penilaian dan tindak lanjut dalam meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan keterampilan dasar mengajar melalui supervisi akademik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi akademik di SMA Negeri 25 Garut dilakukan kepala Sekolah kepada guru memiliki beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut. Supervisi akademik yang dilakukan di SMA Negeri 25 Garut oleh kepala Sekolah berjalan sesuai jadwal yang telah dibuat diawal tahun akademik. Masing-masing guru mendapat minimal dua kali disupervisi, satu kali di semester gasal dan satu kali di semester genap. Sehingga setiap semester keterampilan mengajar guru bertambah baik.

Published

2021-08-18

How to Cite

Santana, K., & Mulyadi, D. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Keterampilan Dasar Mengajar Melalui Supervisi Akademik di SMA Negeri 25 Garut. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 261-265. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.267