Kepemimpinan Karismatik Gereja Meningkatkan Kepuasan Jemaat Gereja Bethel Indonesia di Medan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2682Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu untuk mengetahui gambaran kepemimpinan karismatik gereja dan gambaran kepuasan jemaat gereja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi yang berjumlah 1200 jemaat GBI Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 270 orang dengan metode penyebaran kuesioner dan media Google Form. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala Likert. Pengujian validitas dilakukan dengan menggunakan corrected item-total correlation yang pelaksanaannya menggunakan fasilitas komputer program SPSS for Windows versi 25. Uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan kepuasan pelayanan pada jemaat Gereja Bethel Indonesia Medan berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 91.5% atau 247 dari 270 subjek. Dilihat dari kategorisasi data kepuasan pelayanan tidak ditemukan subjek dengan kepuasan pelayanan kategori rendah, sebanyak 8,5 % atau 23 subyek pada kategori sedang dan sebanyak 91,5 % dalam kategori tinggi. Kemudian untuk hasil penelitian variabel gaya kepemimpiman karismatik ditemukan sebanyak 88,9% atau 240 orang berada pada kategori tinggi, sebanyak 11,1 % atau 30 subjek dengan kategori sedang dan tidak ditemukan subyek dengan gaya kepemimpinan karismatik rendah. Jadi, disimpulkan bahwasanya kepuasan jemaat tinggi terhadap pelayanan gereja, demikian juga dengan gaya kepemimpinan karismatik yang berdasarkan hasil penelitian ini tinggi.