Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah pada Siswa di Kelas XI IPS
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2695Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah pada siswa kelas XI IPS. Sampel penelitian sebanyak 70 siswa IPS kelas 11 dari SMA Muhammadiyah 4 di Jakarta berpartisipasi dalam penelitian ini. Kelas XI IPS 3 digunakan dalam penelitian ini sebagai kelas eksperimen, dengan Kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Kelompok kontrol menggunakan pembelajaran melalui cara yang lebih konvensional, sedangkan kelompok eksperimen menggunakan Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperiment. Penelitian ini menggunakan Sampel Secara Acak untuk memilih partisipan, dan terpilih lah kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan siswa dalam menemukan dan memecahkan masalah pada materi jenis dan penanggulangan bencana alam. Dengan hasil rata-rata 82,80 siswa yang diajarkan Problem Based Learning sedangkan siswa Kelas XI IPS 2 Jakarta pada materi yang sama memperoleh nilai rata-rata 67,11 dengan metode pengajaran Konvensional dan hal ini juga didukung oleh hasil uji t taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Karena 0,000 < 0,05, kita dapat menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning memang berpengaruh pada keterampilan pemecahan masalah siswa.