Menerapkan Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Loose Parts dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun
Menerapkan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2712Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan berhitung siswa di KB\TK Satria Tunas Bangsa Salatiga khususnya di kelas Ruth yang masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode bercerita dengan menggunakan media loose parts dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia 4-5 tahun di kelas Ruth KB\TK Satria Tunas Bangsa Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan 1 siklus dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 11 orang anak kelas Ruth KB\TK Satria Tunas Bangsa Salatiga. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun dengan menerapkan “metode bercerita dengan menggunakan media loose parts”. Hasil penelitian menunjukan sebelum dilakukannya tindakan ada 45,45% anak yang tidak mencapai kriteria cukup baik dan setelah dilakukan tindakan terdapat 90,90% anak yang mencapai kriteria baik, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil.