Pengaruh Servant Leadership, Kompetensi Pedagogik dan Efikasi Diri terhadap Kinerja Guru di Sekolah X

Authors

  • Tony Santoso Universitas Pelita Harapan, Indonesia
  • Budi Wibawanta Universitas Pelita Harapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2714

Abstract

Guru berada di garis terdepan dalam usaha memajukan pendidikan. Seiring terjadinya transisi pembelajaran dari pembelajaran jarak jauh (PJJ) ke pembelajaran tatap muka (PTM), guru tidak lagi mengalamai kendala jaringan ataupun kendala dalam memastikan siswa hadir dan mengumpulkan tugas. Seharusnya kinerja guru pun berangsur pulih dan memberikan kontribusi siknifikan terhadap pembelajaran yang sempat tertinggal selama mas pandemi. Namun, pada kenyataannya, tidak semua guru menunjukkan kinerja maksimal. Ada faktor-faktor internal yang dapat mempengaruhi kinerja guru, yaitu servant leadership, kompetensi pdagogik, dan efikasi diri. Penelititan ini bertujuan untuk menguji pengaruh servant leadership, kompetensi pedagogik, dan efikasi diri terhadap kinerja guru di sekolah X. Ada sebanyak enam puluh tujuh guru yang mengisi kuesioner secara daring. Penelitian ini menggunakan perangkat PLS SEM dalam menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sevant leadership berpengaruh siknifikan terhadap efikasi diri dan kinerja guru. Selain itu, ditemukan bahwa kompetensi pedagogik berpengaruh siknifikan terhadap efikasi diri dan kinerja guru. Namun demikian, juga ditemukan bahwa efikasi diri tidak berpengaruh terhadap kinerja guru.

Published

2023-11-01

How to Cite

Santoso, T., & Wibawanta, B. . (2023). Pengaruh Servant Leadership, Kompetensi Pedagogik dan Efikasi Diri terhadap Kinerja Guru di Sekolah X. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8882-8888. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2714