Pengaruh Reward terhadap Minat Baca Siswa Kelas Xl SMA Muhammadiyah 4 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2716Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reward terhadap minat baca siswa kelas Xl. Sampel penelitian sebanyak 70 siswa kelas 11 dari SMA Muhammadiyah 4 di Jakarta berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain The Posttest- Only design with non-equivalent groups, desain penelitian dengan perbandingan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih bukan secara random. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan kelas Xl IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh reward terhadap minat baca siswa. Dengan hasil rata-rata 41,43 pada kelas XI IPA 2 kelas dengan perlakuan reward sedangkan siswa Kelas XI IPA 5 memperoleh nilai rata-rata 38,51 kelas dengan tanpa perlakuan reward. Hal ini juga didukung oleh hasil uji t taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0,005. Karena 0,005 < 0,05, kita dapat menyimpulkan bahwa perlakuan reward berpengaruh pada minat baca siswa.