Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2742Abstract
Memaksimalkan nilai perusahaan saat ini telah disepakati sebagai tujuan dari setiap perusahaan. Nilai perusahaan ini tercermin dari harga saham, apabila harga saham semakin tinggi maka semakin tinggi pula nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2019-2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat asosiatif dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 27 perusahaan yang memenuhi kriteria. Metode analisi yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Likuiditas diukur dengan (CR), Leverage diukur dengan (DER), Profitabilitas diukur dengan (ROA), Ukuran Perusahaan diukur dengan (Size). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan secara simultan berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan. Secara parsial Likuiditas berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan, Leverage berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan.