Kinerja Waiter di Restoran Hotel Mercure Bandung Nexa Supratman
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2747Abstract
Kinerja waiter merupakan tolak ukur yang digunakan oleh hotel untuk menilai kinerja karyawannya. kinerja waiter yang kurang bagus disebabkan oleh kinerja waiter yang kurang memenuhi standar yang telah ditentukan oleh perusahaan. Fenomena atau keluhan terjadi karena kurangnya keramahan waiter kepada para pelanggan, kurang adanya respon dari waiter untuk memberikan informasi bahwa ada tamu yang menggunakan kartu member, kurangnya double check terhadap area restoran dan cutleries yang kurang bersih. Maka demikian, kinerja waiter sangat dibutuhkan guna meningkatkan kualitas pelayanan dan juga meningkatkan minat tamu yang ingin makan dan minum di restoran serta menikmati fasilitas yang tersedia di restoran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja waiter dan untuk meningkatkan kinerja waiter di Restoran Hotel Mercure Bandung Nexa Supratman. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif melalui teknik observasi, dokumentasi dan juga wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kinerja waiter di Restoran Nexa Supratman Hotel Mercure Bandung sudah baik dalam hal produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akunbilitas.