Optimalisasi Kinerja pada Departemen Front Office di Hotel Mercure Bandung Nexa Supratman

Authors

  • Vadila Ausilia Helmika Universitas Telkom Bandung, Indonesia
  • Siti Zakiah Universitas Telkom Bandung, Indonesia
  • Tito Pandu Raharjo Universitas Telkom Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2748

Abstract

Penelitian ini membahas tentang optimalisasi kinerja pada departemen front office di Hotel Mecure Bandung Nexa Supratman. Hotel merupakan salah satu jenis industri pariwisata yang bergerak di bidang pelayanan atau jasa. Salah satu departemen dalam hotel yang bertanggung jawab atas kegiatan operasional dan sebagai kesan pertama dalam sebuah hotel adalah departemen front office. Kemajuan dalam perkembangan hotel dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kinerja karyawan. Kinerja karyawan dapat dinilai dari prestasi kerja, keahlian, perilaku, dan sifat kepemimpinan karyawan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi kinerja pada departemen front office di Hotel Mercure Bandung Nexa Supratman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa sebagian besar kinerja karyawan pada departemen front office sudah berjalan dengan baik dan optimal. Namun, dari indikator keahlian terutama dalam hal komunikasi masih kurang efektif.

Published

2023-11-02

How to Cite

Helmika, V. A. ., Zakiah, S., & Raharjo, T. P. . (2023). Optimalisasi Kinerja pada Departemen Front Office di Hotel Mercure Bandung Nexa Supratman. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8984-8998. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2748