Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas X Berdasarkan Gender
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2761Abstract
Latar belakang penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah matematis yang menjadi perhatian utama adalah proses dalam menemukan jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X dan dilakukan di salah satu SMA Boarding School di Kabupaten Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X IPA yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data melalui pemberian angket disposisi matematis, pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan konsep Miles dan Huberman, yakni tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara subjek laki-laki dan perempuan dalam ketercapaian indikator kemampuan pemecahan masalah.