Efektivitas Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Persepsi Positif Siswa terhadap Guru Bimbingan Konseling

Authors

  • Dian Nurul Aulia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Sigit Muryono Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2762

Abstract

Pengamatan ini bermaksud untuk memahami dampak keefektifan bimbingan klasikal pada peningkatan persepsi positif guru BK bagi peserta didik SMA Negeri 5 Depok. Metodologi penelitian menggunakan analisis korelasi untuk menilai hubungan antara keefektifan bimbingan belajar klasikal dan persepsi positif siswa terhadap guru bimbingan konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran klasikal dapat dipengaruhi oleh peningkatan persepsi positif siswa terhadap guru pembelajaran dan konseling mereka. Hasil korelasi menyatakan nilai (rxy) sebesar 0,286 yang menyatakan korelasi yang 'rendah' ??antar efektivitas pembelajaran klasikal serta peningkatan persepsi positif siswa terhadap guru pembelajaran dan bimbingan mereka. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa rhitung (0,286) lebih kecil dari rtabel (0,304) pada taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan (df) 42. Keadaan nya menyatakan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, bermakna jika efektifitas bimbingan belajar klasikal berpengaruh signifikan terhadap peningkatan persepsi positif siswa terhadap guru bimbingan konseling.

Published

2023-11-02

How to Cite

Aulia, D. N. ., & Muryono, S. . (2023). Efektivitas Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Persepsi Positif Siswa terhadap Guru Bimbingan Konseling. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8954-8957. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2762