Pengaruh Broken Home terhadap Harga Diri Siswa

Authors

  • Wibi Satrya Wiguna Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Indonesia
  • Sigit Muryono Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2775

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh fenomena yang ada dilapangan terdapat siswa yang masih mengalami Broken Home. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya pengaruh dari siswa mengalami Broken Home terhadap harga diri siswa 11 dan 12 SMA Islam PB Soedirman Cijantung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 22 siswa dari kelas 11 dan juga kelas 12, karena penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling dengan karakteristik atau kriteria siswa yang mengalami Broken Home, Maka dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan dalam penelitian menggunakan Skala Likert serta melakukan analisis deskriptif variabel uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan hasil analisis Regresi Berganda menghasilkan nilai signifikan sebesar 105 yang dimana jika berdasarkan kriteria ketentuan pada interpretasi nilai sig lebih besar dari nilai 0,05 maka hasil tersebut dinyatakan tidak berpengaruh.

Published

2023-11-02

How to Cite

Wiguna, W. S. ., & Muryono, S. . (2023). Pengaruh Broken Home terhadap Harga Diri Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8941-8946. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2775