Professional Growth Plan (PGP) sebagai Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah untuk Pertumbuhan Diri Guru

Authors

  • Agnes Jumarta Gulo Universitas Pelita Harapan, Indonesia
  • Budi Wibawanta Universitas Pelita Harapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2777

Abstract

Rendahnya keseriusan partisipasi guru terhadap kegiatan pengembangan dan pertumbuhan dirinya membutuhkan strategi kepemimpinan kepala sekolah untuk memfasilitasi pertumbuhan diri guru secara holistis. Sekolah XYZ memiliki sebuah program untuk mendorong pertumbuhan para guru baik secara pribadi, sosial, maupun profesional yaitu melalui program Professional Growth Plan (PGP). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus dengan tiga fokus penelitian. Pertama, pelaksanaan PGP secara keseluruhan. Kedua, strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai tujuan PGP terhadap pertumbuhan diri guru. Ketiga, hasil PGP terhadap pertumbuhan diri guru. Subjek penelitian terdiri atas 1 orang kepala sekolah dan 30 orang guru. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara, studi dokumen, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PGP di Sekolah XYZ memiliki kekhasan dalam tahap pelaksanaannya dan berdampak kepada komunitas yang membentuk komunitas guru yang mau belajar dan bertumbuh bersama. Dalam mencapai tujuan PGP, kepala sekolah memiliki strategi yaitu memiliki ekspektasi yang jelas terhadap guru, melakukan supervisi yang melibatkan fungsi struktural, dan menunjukkan karakter pemimpin yang mendukung pertumbuhan guru. Meskipun guru mengalami tantangan beragam, guru terus mengusahakan pertumbuhan holistik secara pribadi, pedagogi, profesional dan di dalam komunitas.

Published

2023-11-02

How to Cite

Gulo, A. J., & Wibawanta, B. . (2023). Professional Growth Plan (PGP) sebagai Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah untuk Pertumbuhan Diri Guru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9051-9056. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2777