Analisis Strategi Kepala Sekolah dalam Menjalankan Supervisi Pendidikan di SDN 34/1 Teratai
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2783Abstract
Strategi kepala sekolah dalam menjalankan supervise pendidikan menentukan keberhasilan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelusuri strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya sebagai supervisor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Metode deskriptif dimaksudkan bahwa peneliti menjelaskan kondisi nyata supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah di SDN 34/I Teratai, sedangkan analisis kualitatif digunakan pada saat meneliti Strategi Supervisi (supervisor) kepala sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di SDN 34/I Teratai. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) program supervise sudah dijalankan kepala sekolah di SDN 34/I Teratai (2) sistem pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala tidak selalu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. (3) kebijakan kepala sekolah dalam menindaklanjuti hasil supervisi dilakukan dengan membuat pelatihan penyusunan bahan ajar, workshop, memberikan motivasi dan masukan terhadap kekurangan-kekurangan pada saat observasi kelas, dan memberikan izin untuk studi lanjut. (4) faktor penghambat meliputi kompetensi supervisi akademik kepala sekolah rendah, fasilitas kurang memadai, dan beban kerja kepala sekolah yang begitu padat.