Penerapan Model Pembelajaran Daring berbasis WhatsApp dan Youtube untuk meningkatkan Partisipasi dan hasil belajar Mata pelajaran PAI siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Raden Roro Vemmi Kesumadewi STAI Al-Aqidah Al-Hasyimiyyah, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.281

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskritif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan siswa sekolah dasar dalam proses belajar dimasa pademi Covid-19. Bahan penelitian merupakan mata pelajaran PAI. Subjek dalam penelitian ini adalah guru serta siswa Sekolah Dasar di beberapa wilayah Tarumajaya Kbupaten Bekasi dan beberapa Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Tarumajaya guna mendapatkan hasil penelitian yang diharap terkait proses pembelajaran daring dimasa pademi saat ini. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi hasil pencapain karya yang telah ditulis. Dari hasil temuan bahwa pada masa pademi saat ini adapun siswa yang tidak mendapatkan materi pada pembelajaran PAI, Proses pembelajaran PAI memiliki banyak kendala baik terkait jaringan maupun kuota sehingga siswa perlu meminjam handphone agar dapat mengikuti pembelajaran dan mengumpulkan tugas, orang tua murid ikut andil membantu proses belajar secara daring, pembelajaran PAI dimasa pademi guru memberikan tugas dengan menggunakan aplikasi whatsaap dan memberikan contoh materi menggunakan youtube, pembelajaran PAI menggunakan dua metode pembelajaran manual dan online.

Published

2021-09-13

How to Cite

Kesumadewi, R. R. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Daring berbasis WhatsApp dan Youtube untuk meningkatkan Partisipasi dan hasil belajar Mata pelajaran PAI siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 368-373. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.281