Meningkatkan Kemampuan Membedakan Benda Diruang Kelas dengan Menggunakan Media Miniatur pada Siswa Tunarungu Kelas I di SLB N PKK Provinsi Lampung
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2813Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengatahui siswa dapat membdakan benda diruang kelas. Jenis penelitian ini yang dipakai adalah kualitatif, jenis penelitian ini adalah. Single Subject Researech (SSR). Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitaif jenis penelitian Single Subject Researech (SSR). Single Subject Researech merujuk pada strategi untuk mendokumentasikan perubahan tentang tingkah laku subjek secara perseorangan. Dengan desain A-B-A dan analisis data menggunakan visual grafik. Hasil analisis data menunjukan bahwa baseline 1 (A) dilakukan sebanyak empat kali dengan maen level 20%, persentase stabilitas 100%, kecenderungan arah (=). Kemudian dilanjutkan dengan intervensi (B) dilakukan selama tuju kali dengan maen level 50% persentase stabilitas 75%, kecendrungan arah meningkat (+). Selanjutnya kondisi baseline 2(A2) dilakukan sebanyak enam kali dengan maen level 80% persentase stabilitas 100% kecendrungan arah meningkat (+). penelitian ini berlatar belakang dalam penelitian ini bertujuan untuk mediskripsikan penerapan kemampuan membedakan benda pada siswa tunarungu. Hasil penelitian bahwa penelitian ini dikatakan telah berhasil karna penerapan pembelajaran telah berhasil sesuai dengan urutan peneliti akan melakukan upaya peningkatkan kemampuan membedakan benda diruang kelas menggunakan media miniatur bagi siswa tunarungu.