Analisis Pelaksanaan BDR (Belajar dari Rumah) Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19 di Desa Teke Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima

Authors

  • A. Gafar Hidayat STKIP Taman Siswa Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Muhammad Muhammad STKIP Taman Siswa Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Taufik Taufik STKIP Taman Siswa Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Tati Haryati STKIP Taman Siswa Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.282

Keywords:

Analisis, Pelaksanaan, BDR, Pandemi, Covid-19, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu; (1) Mendeskripsikan tentang Pelaksanaan BDR sekolah dasar; (2) Menyajikan dan menganalisis tentang hambatan pelaksanaan BDR sekolah dasar; (3) Menelaah tanggapan orantua/wali terhadap BDR sekolah Dasar. Jenis penelitian ini, merupakan penelitian kualitatif dengan memanfaatkan informasi dari berbagai pihak yang berhubungan dengan pelaksanaan BDR dan disajikan dalam bentuk uraian dan simpulan. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dilkukan dengan cara mewawancarai, semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan BDR, samapai pada orangtua/wali, hasil wawancara tersebut akan dibuat matriksnya sesuai indikator masalah kemudian akan dilakukan observasi untuk mengamati pelaksanaan BDR, agar mendapakan gambaran real tentang fenomena keberlangsungan BDR, dan yang terakhir akan dilakukan dokumentasi sebagai data pendukung dalam menelaah penelitian ini lebih lanjut. Sedangkan teknik analisis datanya dilskukan dengan cara menghumpun data hasil penelitian lapangan dalam bentuk pemetaan matriks data, setelah itu akan ditafsirkan dengan memberikan makna pada setiap informasi yang dikumpulkan sebelumnya, sehingga sampai pada langkah terakhir penarikan kesimpulan sebagai point yang di petakan dalam hasil penelitian. Berdarakan hasil penelitian yang dilakukan; 1) Pelaksanaan BDR di SDN Teke dan SD Inpres Teke kurang efektif, meskipun sekolah sudah mengikuti pedomannya, namun ditinjau dari model pelasanaan dan efektifitas keterlibatan guru, siswa dan pendampingan orangtua belum maksimal; 2) Hambatan dalam pelaksanaan BDR di SDN Teke dan SD Inpres Teke yaitu kurangya fasilitas pendukung, motivasi dan minat siswa dalam belajar secara mandiri kurang, dan siswa kurang memahami materi yang diberikan oleh guru, tanpa penjelasan karena terbatas waktu, serta pebedaan persepsi anata sekolah dan orangtua dalam mendukung pelaksanaan BDR; 3) Tanggapan orantua siswa SDN Teke dan SD inpres Teke yaitu orang tua mengangap bahwa siswa/anaknya libur sekolah sementara waktu kareana adanya pandemic covid 19, Tanpa ada aktifitas belajar secara mandiri dirumah. Sebahagian besar orangtua kurang siap mendampingi dan mengawasi anak-anaknya, dalam pelaksanaan BDR, karena disibukan dengan aktifitas ekonomi dan aktitas rumah lainnya.

Published

2021-10-05

How to Cite

Hidayat, A. G., Muhammad, M., Taufik, T., & Haryati, T. (2021). Analisis Pelaksanaan BDR (Belajar dari Rumah) Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19 di Desa Teke Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(6), 390-397. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.282