Pengembangan Buku Ajar Apresiasi Sastra Berbasis Sastra Lisan Suku Mbojo Berorientasi pada Model CIRC untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa

Authors

  • Taufik Taufik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Yapis Dompu
  • M. Nur Imansyah Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, STKIP Yapis Dompu
  • Eka Yulianti Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Yapis Dompu

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.285

Keywords:

Pengembangan, Apresiasi Sastra, Sastra Mbojo, CIRC, Kompetensi

Abstract

Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis, dimana mahasiswa di bagi menjadi beberapa kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dalam membaca, menulis, memahami kosakata, dan seni berbahasa. Dengan memanfaatkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) bertujuan untuk memberikan kebebasan pada mahasiswa untuk melakukan langkah-langkah berpikir kreatif, ilmiah dengan cara mengumpulkan data dari hasil pembelajaran, kemudian mahasiswa dapat menafsirkan, menganalisis, dan akhirnya sampai pada suatu kesimpulan, sehingga diharapkan prestasi belajar mahasiswa menjadi meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (developmental research), dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang meliputi: Buku Ajar, RPS, Worksheet serta instrument kemampuan berpikir kreatif mahasiswa yang mengacu pada model 4-D (Define, Design, Develop, dan Deisemination). Berdasarkan hasil analisis deskriptif, Pengembangan Buku Ajar Apresiasi Sastra Berbasis Sastra Lisan Suku Mbojo Berorientasi pada Model CIRC untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa diketegorikan “baik”.

Published

2021-10-16

How to Cite

Taufik, T., Imansyah, M. N., & Yulianti, E. (2021). Pengembangan Buku Ajar Apresiasi Sastra Berbasis Sastra Lisan Suku Mbojo Berorientasi pada Model CIRC untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(6), 478-483. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.285