Pengembangan Media Trip Game Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika Materi Mata Uang pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2862Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Trip Game dalam pembelajaran matematika materi mata uang pada siswa kelas II sekolah dasar dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Trip Game dalam pembelajaran matematika materi mata uang pada siswa kelas II sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D, serta dikembangkan dengan model penelitian ADDIE. Hasil pengembangan berupa produk Trip Game pada materi mata uang kelas II dengan sampel yang diambil yaitu siswa kelas II SDN Curug 5. Hasil uji validitas diperoleh skor ahli media 100% dan ahli materi 94% yang berarti sangat layak. Sedangkan untuk kepraktisan, diperoleh 91,18 % dari respon siswa dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan uji paired t test diperoleh nilai sig. 0,000 sehingga nilai sig. < 0,05. Hasil uji N-Gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score adalah 61,68% termasuk dalam kategori kriteria cukup efektif. Dengan nilai N-gain score minimal 25% dan maksimal 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Trip game berada pada kategori cukup efektif untuk kegiatan pembelajaran matematika materi mata uang kelas II sekolah dasar.