Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Berbasis Pada Matakuliah PAI Berbasis Budaya “Rawi Mori Ro Made” Untuk Mengembangkan Kreativitas Berpikir Mahasiswa

Authors

  • Idhar Idhar STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Angga Putra STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.288

Keywords:

Daring, PAI, Mori made, CTL, Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran PAI berbasis Contxtual Teaching And Learning rawi mori ro made untuk melatih kemampuan berpikir kreatif mahasiswa prodi PGSD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model (Four-D) Thiangarajan. Subjek uji coba awal yaitu mahasiswa Prodi PGSD STKIP Yapis Dompu yang terdiri dari 4 mahasiswa. Subjek uji coba dua terdiri atas 12 mahasiswa yang belum terlibat dalam uji coba awal, dan subjek uji lapangan operasional terdiri atas 35 mahasiswa dari Prodi PGSD. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran yang meliputi: RPS, Buku ajar, Worksheet dan soal tes kreatif. Berdasarkan hasil validasi oleh kedua pakar terkait dengan perangkat yang dikembangkan dapat disimpulkan bahwa perangkat tersebut masuk dalam kategori baik dengan nilai 3.13 yang artinya dapat digunakan dalam tahap uji coba perangkat.

Published

2021-10-16

How to Cite

Idhar, I., & Putra, A. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Berbasis Pada Matakuliah PAI Berbasis Budaya “Rawi Mori Ro Made” Untuk Mengembangkan Kreativitas Berpikir Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(6), 493-497. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.288