Pengembangan Materi Ajar Pembelajaran Sejarah Maritim menggunakan Sumber Lokal Wadu Tanda Rahi di STKIP Yapis Dompu

Authors

  • Sumiyati Sumiyati Program Studi Pendidikan Sejarah, STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Mulya Yusnarti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.289

Abstract

Pembelajaran sejarah Maritim di STKIP Yapis Dompu perlu dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran dengan tujuan  untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahamahamahamahasiswa. Pembelajaran sejarah maritim yang berlangsung di STKIP Yapis Dompu Sebagian besar mengandalkan buku cetak sejarah maritim yang berorentasi secara nasional, seperti pelayaran dan perdagangan antar pulau, terjadinya interaksi budaya secara nasional serta integrasi politik yang terbangun antar wilayah. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&) dengan menggunakan model FourD dengan empat tahap pengembangan yang terdiri dari Define, Desaign, Develop, dan Disseminate. Pengembangan di lakukan pada mahamahamahamahasiswa Sejarah semester 5 sejumlah 20 orang pada semester Ganjil tahun ajaran 2020/2021. Adapun hasil penelitian diperoleh Efektifitas penggunaan Perangkat pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis mahamahamahamahasiswa dapat dilihat dari nilai effect size yang dihitung menggunakan SPSS dan hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai Cohen’s d sebesar 1.268>0.8 yang artinya bahwa efektifitas penggunaan Perangkat pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis mahamahamahamahasiswa termasuk ke dalam kategori besar (large) sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Perangkat pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan signifikan.

Published

2021-10-16

How to Cite

Sumiyati, S., & Yusnarti, M. (2021). Pengembangan Materi Ajar Pembelajaran Sejarah Maritim menggunakan Sumber Lokal Wadu Tanda Rahi di STKIP Yapis Dompu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(6), 484-492. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.289