Peran Literasi Ekonomi pada Perilaku Konsumtif Masyarakat Tasikmalaya Berdasarkan Veblen Effect Theory
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2893Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif dengan menggunakan pendekatan Teori Efek Veblen. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Dari total populasi 781.395 orang, hanya 382 orang yang dijadikan sampel dalam penelitian ini, penentuan jumlah besarnya sampel berdasarkan proportionate strafied random sampling dengan menggunakan rumus Krejcie dan Morgan. Teknik Analsis data mengguanakan analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis (uji t dan koefisiensi determinasi r2). Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi ekonomi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif. Tingkat literasi ekonomi yang tinggi dapat membantu individu atau masyarakat dalam membuat keputusan konsumsi yang lebih bijaksana. Sebaliknya, jika seseorang memiliki literasi ekonomi yang rendah, hal tersebut dapat menyebabkan perilaku konsumtif yang tidak terkendala italic.