Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Ekonomi: Inovasi untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa

Authors

  • Hariyono Hariyono STKIP PGRI Nganjuk, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2894

Abstract

Teknologi Augmented Reality (AR) memberikan peluang baru dalam pendidikan ekonomi dengan meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman konsep. Artikel ini mengulas manfaat penggunaan AR dalam pembelajaran ekonomi, termasuk peningkatan keterlibatan siswa, pemahaman konsep yang lebih baik, pengembangan keterampilan analitis, pengalaman belajar yang mendalam, dan kreativitas kolaboratif. Pengenalan dasar AR melibatkan penggabungan dunia nyata dengan elemen virtual melalui perangkat dengan kamera dan sensor. Aplikasi AR dalam pembelajaran ekonomi mencakup penggunaan di kelas, kunjungan virtual, simulasi interaktif, visualisasi data, dan pembelajaran kolaboratif. Keunggulan penggunaan AR meliputi pengalaman interaktif, visualisasi konsep abstrak, pembelajaran berbasis proyek, dan peningkatan pemahaman. Aplikasi AR dalam simulasi bisnis dan perencanaan keuangan memungkinkan siswa mengambil keputusan dalam lingkungan virtual. Penggunaan AR dalam visualisasi data ekonomi memperkuat pemahaman siswa terhadap tren dan pola data. Oleh karena itu, penggunaan AR dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman konsep, mempersiapkan mereka untuk tantangan ekonomi di masa depan.

Published

2023-11-02

How to Cite

Hariyono, H. (2023). Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Ekonomi: Inovasi untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9040-9050. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2894