Transformasi Pembelajaran Daring? Faktor yang Mempengaruhi Keterlibatan Akademik: Sebuah Telaah Literatur Sistematik
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.2905Abstract
Rendahnya penyesuaian akademik dan kegagalan akademik banyak terjadi pada remaja sebagai dampak dari rendahnya keterlibatan akademik selama transformasi pembelajaran daring akibat dari masa krisis pandemi yang telah menjadi bagian dari proses pembelajaran normal saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan akademik selama masa pandemi pada pembelajaran daring khususnya pada remaja siswa menengah pertama melalui telaah literatur sistematik. Metode: basis data online digunakan sebagai sumber (ScienceDirect, Scopus, SAGE, Proquest), n=6 artikel diselesaikan melalui proses penyaringan dengan menetapkan kriteria eksklusi atau inklusi. Hasil menunjukkan faktor individual (masalah psikologis, kemampuan belajar daring), teknologi (masalah penggunaan internet, kompetensi digital), iklim sekolah (dukungan sekolah, hubungan dengan guru), dan keluarga (pola asuh, kesehatan mental orang tua) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan akademik siswa selama masa pandemi pada pembelajaran daring khususnya pada remaja siswa menengah pertama. Hal ini menjadi acuan intervensi pembelajaran daring saat ini ataupun ketika masa krisis kembali terjadi.