Peran Guru dalam Pembentukan Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.2906Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi peran guru dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila di MAN 3 SRAGEN. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif dan naturalistic dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan uji kredibilitas triangulasi dan ketekunan pengamatan serta menggunakan analisis data berupa data reduction, data display, conclusion. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pelaksanaan peran guru dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila yang memuat tujuan, isi, materi, dan metode pengajaran serta faktor penghambat dan pendukung dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila yang dilakukan oleh di MAN 3 Sragen mendapatkan hasil bahwa berdampak baik dalam implementasi nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, yang berbentuk pada perubahan sikap dari peserta didik dengan berbagai cara, antara lain: memberikan nasehat, sikap toleransi, menguatkan kedisiplinan peserta didik, menanamkan rasa cinta tanah air yang berguna bagi bangsa dan negara.