Persepsi Pelanggan terhadap Kualitas Produk Sarapan Pagi di Restoran Rancabango Hotel dan Resort
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2911Abstract
Penelitian ini melatar belakangi penulis untuk tahu lebih lanjut terhadap pilihan sarapan yang tersedia di Restoran Rancabango Hotel & Resort. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap opini konsumen terhadap kualitas produk yang ditawarkan restoran Rancabango Hotel & Resort kepada pelanggannya. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, termasuk analisis uji validasi, reliabilitas, dan pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara yang dilakukan pada responden yang merupakan tamu restoran Rancabango Hotels and Resort. Berdasar pada hasil kajian diatas dalam penelitian mengenai persepsi pelanggan terhadap kualitas produk sarapan pagi di Restoran Rancabango Hotel dan Resort maka penulis menarik kesimpulan yaitu: (1) Pelanggan yang sarapan pagi di Restoran Rancabango Hotel dan Resort mayoritas adalah wanita berusia 20-30 tahun yang bekerja sebagai pegawai swasta dan pergi ke sana kurang dari 2 kali sebulan dan memiliki pendapatan 1-5 juta per bulan. (2) Berdasarkan hasil wawancara dengan Head Executive Restoran Rancabango Hotel dan Resort, ada beberapa cara dari Restoran Rancabango Hotel dan Resort untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk sarapan pagi diantara lain adalah pemilihan kualitas bahan baku, pengaturan bahan baku, melakukan standarisasi resep pada semua produk, melakukan rotasi menu sarapan pagi, dan melakukan evaluasi menu.