Kinerja Kualitas Akomodasi di Destinasi Wisata Kawasan Bandung Barat

Authors

  • Cindy Aurellia Universitas Telkom Bandung, Indonesia
  • Ersy Ervina Universitas Telkom Bandung, Indonesia
  • Umi Sumarsih Universitas Telkom Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2922

Abstract

Kawasan Bandung Barat terkenal dengan destinasi wisata alam dan keindahannya. Salah satu faktor penentu keberlangsungan destinasi wisata adalah kualitas akomodasi sebagai daya tarik wisatawan untuk berlibur, sayangnya belum semua akomodasi dapat bertahan lama. Tidak sedikit yang tutup karena semakin banyaknya pertumbuhan akomodasi di kawasan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung terhadap kinerja kualitas akomodasi di destinasi wisata Kawasan Bandung Barat. Responden penelitian ini adalah wisatawan yang pernah menginap di resort Kawasan Bandung Barat sebanyak 110 orang. Analisis Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan tingkat kepuasan wisatawan. GAP (kesenjangan) antara kinerja dan harapan memperoleh nilai kinerja 4,19 lebih kecil dari nilai harapan 4,40 sehingga tingkat kinerja kualitas akomodasi masih belum memenuhi harapan wisatawan. Hasil penelitian IPA menunjukkan bahwa atribut layanan yaitu kelengkapan fasilitas masih belum memenuhi kepuasan wisatawan sehingga perlu ditingkatkan kelengkapan fasilitasnya. Untuk hasil analisis CSI pengunjung ke destinasi wisata Bandung Barat sebesar 83,79% merasa (Sangat Puas). Harapannya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dan menilai kualitas kinerja akomodasi yang telah dikembangkan.

Published

2023-11-03

How to Cite

Aurellia, C., Ervina, E. ., & Sumarsih, U. (2023). Kinerja Kualitas Akomodasi di Destinasi Wisata Kawasan Bandung Barat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9187-9192. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2922