Kinerja Kualitas Atraksi di Destinasi Wisata Kawasan Bandung Barat

Authors

  • Caroline Christy Universitas Telkom Bandung, Indonesia
  • Ersy Ervina Universitas Telkom Bandung, Indonesia
  • Umi Sumarsih Universitas Telkom Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2923

Abstract

Kawasan Bandung Barat telah lama terkenal sebagai destinasi wisata alam dan petualangan. Salah satu faktor penentu keberlangsungan destinasi wisata adalah Kualitas atraksi yang dapat memberikan kesan bagi wisatawan, sayangnya belum semua destinasi dapat bertahan lama. Tidak sedikit yang tutup karena tidak mampu memenuhi kepuasan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengunjung terhadap kualitas atraksi di tempat wisata Bandung Barat. Wisatawan yang memenuhi persyaratan sebagai responden untuk mengisi dan memberikan informasi yang diperlukan dalam proses pengisian kuesioner adalah responden penelitian ini. Jumlah responden adalah 110 orang, dengan fokus pada empat (4) destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan (Great Asia Africa, Floating Market, Sungai Cikahuripan, dan Farmhouse Lembang). Analisis Importance Performance Analysis (IPA) dan analisis Customer Satisfaction index (CSI) digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis tingkat kepuasan wisatawan. Hasil analisis IPA menunjukan bahwa atribut fasilitas destinasi yaitu atraksi menyajikan fasilitas yang nyaman masih belum memenuhi kepuasan wisatawan sehingga perlu ditingkatkan lagi fasilitasnya dan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunjung ke destinasi wisata Bandung Barat sebesar 85.00% merasa (sangat puas) berdasarkan CSI.  Harapannya hasil penelitian ini bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas kinerja atraksi yang telah dikembangkan.

Published

2023-11-03

How to Cite

Christy, C., Ervina, E. ., & Sumarsih, U. (2023). Kinerja Kualitas Atraksi di Destinasi Wisata Kawasan Bandung Barat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9193-9199. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2923