Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Menggunakan ‘’Rawa Mbojo’’ pada Matakuliah Vocabulary untuk mengembangkan kreativitas Mahasiswa

Authors

  • Nur Wahyuni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP Yapis Dompu
  • Amal Fauqi Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, STKIP Yapis Dompu

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.293

Keywords:

Daring, Vocabulary, Rawa Mbojo, Kreativitas

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan langsung mengambil langkah antisipasi dalam pencegahan penularan covid-19 dengan mengeluarkan Surat Keputusan Bersama 4 Menteri yang menyepakati bahwa proses pembelajaran khususnya di jenjang pendidikan tinggi pada semester gasal tahun akademik 2020/2021 di semua zona wajib diselenggarakan secara daring. Kebijakan ini dikeluarkan untuk mencegah kampus menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Hal ini dilandasi perhatian utama Kementerian untuk Kesehatan dan keselamatan mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Dengan dikeluarkannya kebijakan tersebut maka perlu untuk mengembangkan suatu perangkat pembelajaran daring pada matakuliah vocabulary dengan mengunakan “Rawa Mbojo” untuk meningkatkan kosa kata pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Yapis Dompu, dengan mengunakan aplikasi google schooler dan nantinya perangkat pembelajaran ini akan dikembangkan dalam bentuk buku ajar yang didalamnya terdapat konsep dasarnya yaitu “Rawa Mbojo”, dan untuk membuat aktivitas belajar daring dan proses diskusi lebih menyenangkan, mahasiswa akan diberikan tugas berupa soal-soal melalui salah satu “Rawa Mbojo” yang sudah dipilih oleh dosen, dari lagu tersebut dosen akan menghilangkan beberapa kata yang berada di baid lagu tersebut, misalnya kata benda, kata sifat, kata kerja dan sebagainya dan mahasiswa akan diminta mendengarkan lagu berulang-ulang lalu mengisi bagian yang sudah dihilangkan tadi. Sedangkan untuk soal tes akhir mahasiswa akan diberikan soal yang akan mahasiswa tersebut untuk bisa lebih mengeksplor KREATIVITAS dalam dirinya. Melalui pegembangan (R&D) peneliti mengunakan model pengembangan 4-D Thiangarajan yaitu Design, Define, Developed, dan Disemination, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran daring vocabulary menggunakan “Rawa Mbojo” untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa yang berkualitas baik berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan, perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan dalam penelitian ini yaitu RPS, Buku Ajar, Worksheet.Tahap Kesiapan Teknologi atau Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) adalah ukuran tingkat kesiapan teknologi yang diartikan sebagai indikator yang menunjukkan seberapa siapkah suatu teknologi agar dapat diterapkan.Teknologi yang diukur dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang berupa, RPS, Worksheet, Buku ajar ber-ISBN, dan soal tes kreativitas dengan kategori indikator TKT- nya adalah bidang Pendidikan vocabulary. Target TKT yang ditetapkan dalam penelitian ini berada pada level 1 dengan target capaian TKT pada level 3, tujuan, tahapan, metode, luaran yang ditargetkan, serta uraian TKT dalam penelitian yang diusulkan dijadikan sebagai bahan penilaian adalah laporan kemajuan (analisis pendahuluan telah dihasilkan) dan rancangan output telah disusun.

Published

2021-10-22

How to Cite

Wahyuni, N., & Fauqi, A. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Menggunakan ‘’Rawa Mbojo’’ pada Matakuliah Vocabulary untuk mengembangkan kreativitas Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(6), 508-514. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.293