Model Pembelajaran Berbasis Projek dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2934Abstract
Kemampuan untuk berpikir kreatif dan inovatif menjadi aset yang sangat berharga ketika anak-anak tumbuh dewasa dan menghadapi berbagai tantangan dalam dunia yang terus berkembang. Guru perlu memberikan dukungan pada anak dengan menyediakan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional merupakan penelitian yang dilakukan untuk mempelajari kaitan antara variable. Tahapan pada penelitian ini adalah dengan melakukan penelitian pada anak yang pembelajaran anak yang pembelajarannya berpusat pada guru dan anak yang mendapatkan stimulasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Dari hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran berbasis proyek, memiliki hubungan yang kuat dan signifikan dengan variabel dependen yang telah diteliti. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek secara positif terkait dengan berbagai aspek dalam pembelajaran anak-anak usia dini.