Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Berbasis Masalah pada Matakuliah Sejarah Sosial Ekonomi

Authors

  • Rizzaludin Rizzaludin STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Taufik Taufik STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.294

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkat pembelajaran daring matakuliah sejarah social ekonomi menggunakan pembelajaran berbasis masalah menggunakan four-D model, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menghasilkan perangkat pembelajaran sejarah social ekonomi secara daring menggunakan pembelajaran berbasis masalah yang berkualitas baik, vali, efektif dan tuntas, penelitian ini dilaksankan pada mahasiswa program studi pendidikan sejarah yang berjumlah 20 mahasiswa tahun ajaran 2021-2022, deskripsi pengembangan perangkat pembelajaran yaitu 1) Tahap Pendefinisian. Kegiatan yang dilakukan dalam tahap ini adalah analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan pembelajaran; (2) Tahap Perancangan. Hasil kegiatan pada tahap ini yaitu rancangan awal perangkat pembelajaran berupa RPS, Buku Ajar, Worksheet, dan Soal Tes (3) Tahap Pengembangan, (4) Tahap Diseminasi atau penyebaran. Hasil kegiatan pada tahap ini yaitu Draft II, uji keterbacaan menghasilkan Draft III, dan kegiatan akhir yaitu uji coba Draft III, data hasil uji coba dianalisis dan dapat disimpulkan bahwa, perangkat pembelajaran berkualitas baik karena telah memenuhi syarat atau kriteria perangkat pembelajaran yang berkualitas baik berdasarkan hasil analisis data.

Published

2021-10-16

How to Cite

Rizzaludin, R., & Taufik, T. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Berbasis Masalah pada Matakuliah Sejarah Sosial Ekonomi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(6), 472-477. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.294