Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Sumberdaya Manusia dengan Metode Analisis Pieces (Studi Kasus pada PT. Asuransi)

Authors

  • Ridwan Halim Program Magister Teknologi dan Rekayasa, Universitas Gunadarma, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.295

Keywords:

Desain, Sistem, Informasi, Analisis, Pieces

Abstract

PT. Asuransi mengalami pertumbuhan usaha cukup pesat dan sejalan dengan meningkatnya aktifitas usaha dibutuhkan pengelolaan tenaga kerja yang efektif dan efisien. Seiring dengan perkembangan dunia yang terus berubah dimana kehidupan dan teknologi baru terus dikembangkan. Perubahan ini mengharuskan pemimpin organisasi menyadari berbagai jenis teknologi yang dapat meningkatkan efektivitas organisasi.  Penelitian ini menganalisis sistem lama yang diterapkan bagian SDM PT Asuransi yang masih menggunakan formulir dan pemberkasan secara paper based. Dengan menggunakan analisis berbagai variabel metode PIECES menemukan kelebihan dan kekurangan sistem lama dan merancang sistem baru dengan ruang lingkup menu, proses, database dan interface dengan menggunakan unified modeling language. Dari penelitian yang telah dilakukan dengan metode kuesioner serta wawancara hasil penelitian baik karyawan maupun manajemen berpendapat sistem yang ada sat ini sudah tidak lagi dapat menunjang aktifitas pengelolaan sumber daya manusia. Disertai dengan analisis pada flowchart sistem lama yang digunakan bagian SDM PT Asuransi bersifat prosedural manual dengan paper based sistem pengelolaan manajemen sumber daya manusia pada PT Asuransi. Hasil dari penelitian ini diharapkan agar dapat digunakan sebagai bahan referensi manajemen PT Asuransi untuk pengelolaan sumber daya manusia yang lebih baik.

Published

2021-09-28

How to Cite

Halim, R. (2021). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Sumberdaya Manusia dengan Metode Analisis Pieces (Studi Kasus pada PT. Asuransi). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 374-382. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.295