Upaya Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa terhadap Ibadah Salat Melalui Media Gambar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2982Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas I semester II di MIN 3 Boyolali pada pelajaran sholat melalui media pembelajaran gambar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan menggunakan tiga siklus tindakan dengan tahapan perencanaan/rancangan awal, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I MIN 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data menggunakan 2 teknik, yaitu teknik observasi dan angket tertutup. Data-data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan prosentase yaitu membagi peningkatan rata-rata skor motivasi belajar dengan rata-rata skor sebelum pemberian tindakan lalu dikalikan 100%. Hasil analisis data menunjukkan ada peningkatan motivasi belajar dengan kategori tinggi yaitu 58,3%. Peningkatan itu dapat dijelaskan sebagai berikut yaitu terdapat rata-rata skor motivasi belajar 24,6 sebelum tindakan, kemudian menjadi 31,04 atau meningkat 26,0% pada siklus I, kemudian menjadi 36 atau meningkat 47,9% pada siklus II, dan menjadi 39 atau meningkat 58,3% pada siklus ke III. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tindakan untuk meningkakan motivasi belajar pada siswa kelas I MIN 3 Boyolali telah berhasil. Dengan peningkatan rata-rata skor motivasi belajar setelah diberi tindakan minimal 50%. Tindakannya yaitu 1) Meminta siswa memperhatikan gerakan salat pada media gambar; 2) Meminta siswa untuk mempraktikkan gerakan-gerakan shalat secara bersama-sama; 3) meminta siswa untuk mempraktikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat secara berkelompok dibimbing oleh ketua kelompoknya masing-masing.