Pengaruh Teknik PQRST terhadap Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa SMP Ditinjau dari Motivasi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.2985Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik PQRST terhadap kemampuan literasi membaca pemahaman siswa SMP ditinjau dari motvasi. Penelitian ini merupahkan penelitian eksperimen semu dengan desain Post- Test Kontrol Grup Desain (non equivalent control group design). Populasi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN I Indralaya Selatan.Sampelnya adalah siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan teknik PQRST dan siswa VIII.2 sebagai kelas kontrol diajar menggunakan teknik konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang dilakukan untuk mengukur tingkat kemampuan literasi membaca pemahaman, sedangkan mengukur motivasi menggunakan kusioner. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t yaitu paired sample t-test dan independent sample t-test. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa thitung 6,667 > ttabel 2,021 dengan derajat keabsahan 52 dan signifikansi berada pada 0,000. Dengan memperhatikan kriteria pengujian yaitu probability < 0,05. Selanjutnya, hasil interaksi antara motivasi dan kemampuan literasi membaca pemahaman pemahaman, baik motivasi tinggi maupun rendah menunjukkan pengaruh yang positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, sedangkan Ha diterima. Dengan kata lain, teknik PQRST memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan literasi membaca pemahaman teks berita pada siswa kelas VIII SMPN I Indralaya Selatan ditinjau dari motvasi.