Pengembangan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SDN Donggo

Authors

  • Desy Ningsih Komalasari STKIP Taman Siswa Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Zulkifli Zulkifli STKIP Taman Siswa Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.302

Keywords:

Kartu Flash, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menghasilkan sebuah produk media flashcard yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa sdn donggo dori dungga dimana sebelum melakukan penyajian soal hanya menggunakan media gambar sehingga siswa kurang menarik dan bermotivasi dalam pembelajara sehingga mempengaruh pada hasil pembelajaran siswa. Sehingga hasil belajar siswa dibawah standard dan dikatagorikan rendah. Penelitian pengembangan media flashcard atau Research and Development (R&D) ini diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Produk media flashcard yang dihasilkan berupa satu paket yang bernama media flash card yang bertemakan lingkungan, Hasil penelitian dan pengembangan media flash card setelah diberikan soal pertanyaan peneliti membagikan angket respon pada siswa untuk mengetahui tanggapan siswa dalam penggunaan media flash card. Berdasarkan uji coba skala kecil terdiri dari 10 siswa SDN donggo dori dungga menunjukkan tanggapan yang positif terhadap media pembelajaran presentasi paling tinggi pada salah satu pernyataan desain media flash card yang digunakan menarik persentase 92 % sangat setuju. Sedangkan peneliti melakukan skala besar untuk mengetahui keefektifan media flash card peneliti melakukan tahap ini dengan jumlah 20 siswa SDN donggo dori dungga. Respon siswa pada media flash card yang digunakan “sangat setuju” persentase paling tinggi yaitu 97,5%.

Published

2021-10-15

How to Cite

Komalasari, D. N., & Zulkifli, Z. (2021). Pengembangan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SDN Donggo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(6), 441-444. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.302