Analisis Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran

Authors

  • Aunurrahman Aunurrahman IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Mifta Rahman IKIP-PGRI Pontianak, Indonesia
  • Dewi Ismu Purwaningsih Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.303

Keywords:

Pembelajaran Daring, Aplikasi Pembelajaran, Google Classroom

Abstract

Aplikasi Google Classroom sebagai platform pembelajaran daring belum banyak digunakan oleh dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dosen mengenai penggunaan Google Classroom dan dukungan layanan internet dan listrik yang tersedia. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah dosen yang mengajar pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP-PGRI Pontianak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, yaitu kuesioner terbuka dan tertutup. Data yang telah terkumpul dianalisis dan disajikan dalam teks naratif dan tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Google Classsroom mudah untuk dipelajari dan digunakan serta terdapat fitur-fitur yang membantu dalam pelaksanaan langkah-langkah pembelajaran di kelas. Dukungan jaringan dan internet bagi bagi dosen untuk menggunakan aplikasi Google Classroom sangat baik. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menganalisis mahasiswa sebagai subjek penelitian sebagai bahan pertimbangan dalam penggunaan aplikasi sebagai media pembelajaran.

Published

2021-10-15

How to Cite

Aunurrahman, A., Rahman, M., & Purwaningsih, D. I. (2021). Analisis Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(6), 445-449. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.303

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.