Analisis Validitas dan Reliabilitas Perangkat Pembelajaran Model Penemuan terbimbing berbasis Home Visit

Authors

  • Budiman Budiman STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.304

Keywords:

Validitas, Perangkat pembelajaran, Guided Discovery, Home Visit

Abstract

Telah dilakukan analisis validitas dan reliabilitas perangkat pembelajaran model penemuan terbimbing (guided discovery) berbasis home visit. Perangkat pembelajaran yang dikembanga ada 4 komponen antara lain materi ajar, LKS, RPB, dan intrumen tes penguasaan konsep. Empat komponen ini masing divalidasi oleh dua orang pakar/ahli dalam bidang konsep IPA dan bidang desain dan bahasa. Berdasarkan hasil analisis pakar mengenai validitas dan reliabilitas perangkat pembelajaran model penemuan terbimbing (guided discovery) berbasis home visit dapat disimpulkan bahwa seluruh komponen perangkat pembelajaran yang dikembangakn valid dan reliabel dengan perolehan rerata seluruh komponen perangat 3,5 (valid) dan reliabilita 98%.  Dengan demikian perangkat yang dikembangkan layak untuk digunakan serta diimplementasikan pada tahap ujicoba perangkat.

Published

2021-10-15

How to Cite

Budiman, B. (2021). Analisis Validitas dan Reliabilitas Perangkat Pembelajaran Model Penemuan terbimbing berbasis Home Visit. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(6), 450-454. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.304