Implemantasi Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengelolaan Daerah Pesisir

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3061

Abstract

Kegiatan pembelajaran pada dasarnya diharapkan memiliki tujuan menyampaiakan/ mentransfer ilmu (materi) dari dosen kepada mahasiswa, melainkan membuat (memotivasi) mahasiswa untuk belajar. Metode kuliah/ceramah sebenarnya hanya salah satu metode pembelajaran, masih terdapat beberapa metode pembelajaran lainnya, seperti diskusi, demontrasi, belajar mandiri, simulasi, praktikum, tutorial, dan studi kasus/riset. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Pengelolaan Dearah Pesisir. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi ilmu pemerintahan yang mengontrak mata kuliah Pengelolaan Dearah Pesisir. Obyek penelitian ini adalah metode pembelajaran Problem Based Learning (PjBL). Model penelitian ini menggunakan Penerapan model Project Based Learning dengan langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Pengelolaan Dearah Pesisir dirancang dengan menerapkan 6 (enam) langkah pembelajaran, antara lain pengenalan masalah, Perencanaan Projek, Menyusun Jadwal, Monitoring, Presentasi Hasil Projek, dan terakhir Evaluasi. Dengan Menggunakan  data dikumpulkan melalui observasi, metode tes, tugas proyek kedaerah pesisir, dokumentasi. Teknik penafsira hasil data penelitian dan analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif.

Published

2024-01-01

How to Cite

Implemantasi Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengelolaan Daerah Pesisir. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 8-13. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3061