Efektivitas Penggunaan Media Pengajaran “Kalender Tema” terhadap Pembelajaran Bahasa Mandarin
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3065Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pengajaran Kalender Tema pada pembelajaran bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan dua metode, yaitu metode eksperimen dan metode tes. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah melalui observasi dan teknik purposive sampling. Objek penelitian adalah siswa kelas III SD LKIA Pontianak. Seluruh hasil data dianalisis dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pembelajaran kosakata bahasa Mandarin menggunakan kalender tema sebesar 91%, sedangkan pada pembelajaran teks bacaan bahasa Mandarin 84%. Hasil ini membuktikan bahwa penggunaan media kalender tema dapat meningkatkan fokus dan minat siswa terhadap proses pembelajaran bahasa Mandarin sehingga dengan adanya penggunaan media kalender tema proses pembelajaran bahasa Mandarin dapat berjalan efektif sesuai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil tes, diketahui perbedaan nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 59,4 dan nilai rata-rata posttest sebesar 88. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebelum menggunakan media ajar kalender tema hanya 7 siswa (35%), sedangkan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM setelah menggunakan media ajar kalender tema meningkat yaitu sebanyak 19 siswa (95%). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pengajaran kalender tema efektif meningkatkan hasil belajar bahasa Mandarin siswa karena dengan adanya visualisasi kosakata melalui gambar membuat siswa lebih mudah mengenali kosakata dan media dapat digantung di ruang kelas sehingga siswa dapat mempelajari materi terlebih dahulu atau mereview materi yang telah dipelajari.